Suwardjono

Laman Staf Akademik Universitas Gadjah Mada

Pencarian


Akuntansi Pengantar 2

Akuntansi Pengantar 2 sekarang sering disebut sebagai Akuntansi Keuangan 1, Akuntansi Menengah 1, atau Akuntansi Keuangan Menengah 1. Bahan-bahan dalam menu ini disiapkan dalam rangka penulisan buku Akuntansi Pengantar 2 (masih dalam proses penyelesaian). Bahan-bahan kuliah akan tersaji dalam laman ini seperti pada buku Akuntansi Pengantar 1.

Silabus
Silabus ini merupakan versi paling akhir yang saya gunakan dalam mengasuh mata kuliah ini dengan urutan topik seperti yang direncanakan dalam buku Akuntansi Pengantar 2.

Baca/unduh silabus Akuntansi Pengantar 2

Tayangan PowerPoint
Tayangan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari buku Akuntansi Pengantar 2. Tayangan akan segera dimuat dalam laman ini secara penuh begitu buku ini selesai dan diterbitkan. Berikut ini diberikan contoh tayangan untuk beberapa bab (belum lengkap untuk tiap bab).

Bab 02  K a s
Bab 04 Sediaan
Bab 07 Nilai Waktu Uang

Contoh Latihan
Contoh ini merupakan tugas atau latihan yang telah saya gunakan untuk topik yang bersangkutan. Tugas diberikan sebelum dosen mendiskusi topik yang bersangkutan. Mahasiswa harus mampu menangkap konsep dengan membaca sendiri buku atau sumber bacaan kemudian mengaplikasi konsep yang dipahaminya ke tugas/latihan ini. Hasil latihan kemudian didiskusi di kelas sambil membahas konsep yang relevan. Sekali lagi, tujuan tugas adalah mengajak mahasiswa untuk merasakan atau mengalami proses belajar dan menceritakan apa yang dialaminya tersebut dalam bentuk diskusi BUKAN untuk mengumpulkan tugas. Kalau hanya untuk mengumpulkan tugas, kopi saja pekerjaan orang lain. Beberapa contoh berikut ini akan masuk dalam buku Akuntansi Pengantar 2.

Latihan/tugas untuk topik Kas
Latihan/tugas untuk topik Piutang
Latihan/tugas untuk topik Nilai Waktu Uang
Latihan/tugas untuk topik Obligasi

Contoh Soal Ujian
Soal ini telah saya ujikan di kelas saya. Soal ujian harus cukup komprehensif sehingga valid sebagai alat uji pemahaman. Soal ini menuntut pemahaman yang memadai dari pemelajar atau mahasiswa untuk dapat menyelesaikannya. Bandingkan dengan soal-soal yang pernah anda kerjakan atau jumpai selama belajar akuntansi. Silakan mencoba mengerjakan soal ini untuk menguji kemampuan anda sebenarnya dalam akuntansi di tingkat pengantar. Atau, ujikan soal ini kepada mahasiswa anda untuk mengevaluasi keluasan materi yang dapat dibahas di kelas serta keefektifan proses belajar-mengajar.

Contoh ujian sisipan 1
Contoh ujian sisipan 2
Contoh ujian sisipan 3
Contoh ujian final 1
Contoh ujian final 2
Contoh ujian final 3
Lembar jawaban (cetaklah ini untuk mengerjakan soal sesuai perintah)

 
Laman ini dibuat oleh alifaiq menggunakan Joomla.
suwardjono